Senin, 20 Juni 2011

Jawaban Minus x Minus = (+)Plus


Beberapa waktu lalu saya ditanya oleh teman saya dan diapun bertanya kepada saya karena dia ditanya oleh gurunya, "kenapa (-)*(-)=(+)??". Waktu itu saya pun berusaha menjelaskan, tapi yg ada malah muter-muter sendiri saya jelasinnya juga, dan penjelasannya kurang jelas mungkin. Terus malam harinya saya googling deh tuh, di google juga ada banyak cara untuk menjelaskannya, dan ada yg termasuk cara saya juga sebenarnya... tapi saya menemukan beberapa cara yang saya anggap mudah untuk memahaminya. Jadi yang saya tulis disini adalah cara yang saya anggap mudah, ini dia cara-caranya :

1. Cara berupa analogi :
kalo cara yang ini saya dapat dari sini
(+) = benar
(-) = salah

Jadi :
(+)*(+)=(+)
benar dikatakan benar = benar
(-)*(+)=(-)
salah dikatakan benar = salah
(+)*(-)=(-)
benar dikatakan salah = salah

BERARTI kalo (-)*(-)=(+)
salah dikatakan salah = BENAR

nahh udah pada ngerti dengan maksud diatas?? kalau belum, coba cara yg 1 lagi..


2. Cara menggunakan persamaan
Kalo cara yang ini saya dapat dari sini

Tapi sebelum memahami cara ini, naekin dulu daya pemikirannya supaya kuat nerima penjelasannya... hahha... 


OK jadi begini, jika (-)*(-)=(-) salahnya disini... 

tapi sebelumnya pahami dulu ini...
(a*b)+(a*c) sama aja dengan a(b+c)
kalau bingung kenapa begitu, coba aja itung misalkan a=1,b=2,c=3...
(a*b)+(a*c)=a(b+c)
(1*2)+(1*3)=1*(2+3)
2+3=1*5
5=5
yeahh... its true right? 

lalu coba dengan yang ini...
a=-1,b=3,c=-2

(a*b) + (a*c) =  (a*b) + (a*c)
a*(b+c) = (a*b) + (a*c)
-1*(3+(-2)) =  (-1*3) + (-1*-2)
jika (-)*(-)=(-), brarti (-1*-2) dalam persamaan diatas hasilnya -2, jadi :
-1*1 = -3 + -2
-1=-5 

lahh kok -1=-5?? padahal kan persamaan di awalnya sama, jadi harusnya nilai di ruas kiri=nilai di ruas kanan, berarti sudah jelas salah kalau (-)*(-)=(-), kesimpulannya kalau bukan (-), brarti (+).... jadi (-)*(-)=(+) 

mau bukti, coba kita ambil persamaan yg sebelumnya....
a=-1,b=3,c=-2

(a*b) + (a*c) =  (a*b) + (a*c)
a*(b+c) = (a*b) + (a*c)
-1*(3+(-2)) =  (-1*3) + (-1*-2)
jika (-)*(-)=(+), brarti (-1*-2) dalam persamaan diatas hasilnya 2, jadi :
-1*1 = -3 + 2
-1=-1

nahh kalo yang ini baru bener kan, hahha... gimana? lebih gampang penjelasan pertama or ke2?? itu terserah kalian aja, 2-2nya bener kok....
Ada kesalahan di dalam gadget ini